Ayo Ke Bromo Lagi!


SUDAH pernah ke Gunung Bromo? Mayoritas pecinta alam dipastikan sudah menginjakkan kaki di destinasi wisata tersohor ini. Tak heran, siapapun yang sudah pernah kesana, pasti ingin kembali menikmati keindahan Bromo. Akan selalu ada cerita indah dari salah satu keagungan Tuhan itu.
Karena keindahannya yang menakjubkan, menjadikan Gunung Bromo dicintai wisatawan. Tidak hanya wisatawan nasional atau internasional saja yang kerap pelesir ke Gunung Bromo. Wisatawan lokal pun, menjadikan juga menjadikannya sebagai pilihan berlibur bersama keluarga.
Salah satunya adalah By Yohandoko. Bersama istri serta kedua anaknya yang masih kecil, pada pertengahan Juni lalu mereka berwisata ke Gunung Bromo. Keindahan alam serta suasana udara yang sejuk, membuatnya tertarik mengajak keluarganya berlibur ke tempat ini.
"Selama ini, saya hanya mendengar cerita dan melihat foto kenangan milik teman. Ternyata ketika datang sendiri, keindahannya memang luar biasa," ungkap By Yohandoko.
Bagi yang belum pernah ke Gunung Bromo, bahwa destinasi wisata ini tidak hanya sekadar gunung dengan perbukitan. Melainkan, ada banyak spot menarik yang bisa disinggahi. Diantaranya, penanjakan satu dan dua, Padang Rumput Savana (Bukit Teletubbies), Pasir Berbisik, Kaldera Bromo, Bukit Cinta, Puncak B29, B30, Coban Pelangi, Batu Singa, Bukit Kingkong, Gunung Batok, hingga pendakian Gunung Semeru.
Penanjakan, adalah nama tempat yang biasa didatangi wisatawan untuk melihat pemandangan dari ketinggian Gunung Bromo. Dari sini juga bisa melihat keindahan matahari terbit. Sehingga wisatawan yang ingin melihat matahari terbit tapi tidak ingin sampai ke puncak, bisa cukup sampai di tempat ini.
Kemudian ada Kawah Gunung Bromo, yang biasa didatangi wisatawan juga untuk melihat matahari terbit. Termasuk bisa melihat kawah Gunung Bromo yang mempunyai diameter 800 meter.
Untuk bisa menuju sampai ke kawah tersebut, selain bisa berjalan kaki, juga bisa menyewa kuda.
Lalu, Padang Savana yang merupakan sebuah bukit sangat luas dengan rumputnya yang sangat hijau. Tempat ini sering disebut Bukit Teletubbies karena bentuk bukit tersebut mirip sekali dengan bukit yang berada di film anak-anak tersebut.
"Di Bukit Teletubbies ini, anak-anak bisa bermain bebas. Anak-anak pasti sangat terkesan. Selain bagus, suasananya juga nyaman dan udaranya sejuk," terang By. Yohandoko yang merencanakan waktu untuk kembali datang ke Gunung Bromo bersama keluarganya.
Selanjutnya, ada Lautan Pasir. Di Gunung Bromo, wisatawan akan melihat hamparan pasir yang sangat luas. Di kawasan ini akan menemukan hamparan pasir yang sangat luas terlihat membentuk sebuah lukisan garis-garis indah. "Menurut cerita orang-orang yang pernah, kalau kita menempelkan telinga  ke permukaan pasir, maka seakan-akan mendengarkan suara bisikan dari dalam pasirnya. Tetapi saya mencobanya, masih belum bisa mendengarnya," ujarnya sembari tertawa. (agp/oci)