Ekowisata Populer Ala Probolinggo


Malang Post, Wisata alam terbuka memang sedang hits. Tidak hanya naik gunung atau ke pantai, melihat hutan bakau pun bisa sangat mengasyikan. Seperti yang ditawarkan Wisata BeeJay Bakau Resort (BJBR) Probolinggo.
Belum lama ini Malang Post berkesempatan menjajaki wisata murah dan bernuansa alam alias ekowisata ini. BJBR Probolinggo ternyata memang pantas dikunjungi khususnya bagi pelancong di area Jawa Timur. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan hamparan laut pantai utara dan bakaunya, BJBR Probolinggo juga menawarkan berbagai wahana air, fasilitas kuliner, sampai spot selfie di ikon-ikon menarik di sini.
Tidak sulit mencari lokasi BJBR, karena ketika sudah masuk Kota Probolinggo berbagai rambu atau penunjuk arah BJBR sudah ada di mana-mana. Lokasi BJBR Probolinggo berada dekat dengan Pelabuhan Probolinggo (Pelabuhan Mayangan). Tepatnya di Jalan Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan Probolonggo Jawa Timur. Untuk mencapai lokasi terdapat dua rute utama yang mesti ditempuh pengunjung.
Yakni rute Pantura dan Lingkar Selatan. Bagi pengunjung yang datang dari dari arah utara bisa menggunakan Jalur Pantura (Surabaya-Malang-Pasuruan-Probolinggo). Sementara yang datang dari arah selatan bisa menggunakan Jalur Lingkar Selatan (Bali-Banyuwangi-Situbondo-Lumajang-Jember-Probolinggo).
Setibanya di Kota Probolinggo pengunjung langsung saja mengarahkan kendaraan menuju Pelabuhan Mayangan. Tinggal ikuti rambu penunjuk jalan. Setelah itu, nanti pengunjung akan menemukan pos masuk area pelabuhan dan akan dikenakan biaya retribusi kendaraan sesuai jumlah penumpang.
Jika datang dengan mobil maksimal enam penumpang dikenakan biaya Rp 5.000 per unit. Jika datang menggunakan motor dengan maksimal dua penumpang akan dikenakan biaya Rp 2.000 saja.
Setelah memasuki area pelabuhan ini perjalanan dapat dilanjutkan dan masuk ke pintu gerbang utama BJBR tidak jauh dari pos retribusi tadi. Harga tiket masuk BJBR adalah Rp 20 ribu per orang di weekday (Senin-Jumat). Kalau datang saat weekend (Sabtu-Minggu) Rp 40 ribu. (ica/nda)

Berita Lainnya :