Hutan Pinus Mangunan Favorit Obama


 
Bukan hanya wisata buatan yang bersolek untuk menjadi Instagramable, tapi wisata tradisional dan alam juga tak mau kalah untuk bersolek menarik wisatawan. Gunung Merapi di Yogyakarta tak pernah habis menampilkan pesona alam dan buatan.  Selain Lava Tour dengan naik jip menyusuri lereng gunung, juga ada wisata buatan untuk spot foto yang diberi nama Lost World Castle yang lokasinya dilewati jip yang menuju ke puncak Merapi. Sebenarnya tidak ada yang istimewa dari objek ini, hanya lokasinya bagus untuk berfoto. Kalau tidak diabadikan di foto, tidak akan mendapat apa-apa di tempat ini.
Lain lagi dengan wisata alam yang Instagramable yang berlokasi di Kecamatan Imogiri Bantul DIY. Warga yang mengelola wisata ini menyiapkan beberapa spot berlatar belakang lembah. Di pagi hari – pada saat tertentu – kawasan ini dipenuhi awan tebal sehingga seolah-olah berada di atas awan.
Tak heran bila kawasan ini kondang dengan nama Negeri di Atas Awan. Ada beberapa lokasi yang menyediakan spot foto tepi jurang di bukit Mangunan ini. Di antaranya, Bukit Panguk, Bukit Tembelan dan Taman Buah yang semuanya menawarkan wisata menjaring awan di pagi hari. 
Agar bisa mendapatkan awan, wisatawan harus datang pada pagi hari, sebelum matahari terbit. Banyak yang harus berangkat dari kota Yogyakarta sebelum salat Subuh, agar bisa sampai di lokasi masih gelap dan bisa menyaksikan awan yang berada di bawah bukit.
Pada saat mendung, bisa disaksikan awan yang berarak di lembah di bawah bukit. Sedangkan pada saat terang, bisa menyaksikan matahari menyembul di ufuk Timur. Ini merupakan perpaduan wisata alam yang indah dengan wisata digital yang menarik saat difoto.
Masih di kawasan Mangunan, ada hutan pinus yang sebenarnya biasa saja, seperti hutan pinus yang lain. Tapi sekali lagi, pengelola kawasan ini menjadikannya sebagai tempat yang menarik untuk foto. Deretan pohon pinus yang menjulang menjadi objek foto yang menarik.
Foto dengan latar belakang deretan pohon pinus yang berjejer rapi menjadi pesona tersendiri. Di bagian atas ada taman bunga yang menjadikan lokasi ini menjadi sasaran penggemar foto. Selfi mengarah ke atas ke puncak pinus menjadi foto yang menimbulkan tanya. ‘’Foto di mana itu.’’ 
Di bagian lain terdapat Panggung Sekolah Hutan, sebuah tempat melingkar yang dilengkapi dengan tempat duduk dari gelondongan kayu pinus. Di bagian depan yang menurun, terdapat semacam panggung untuk pertunjukan.
Berwisata di kawasan Mangunan ini memang disarankan pada pagi hari agar bisa mendapatkan kabut yang menutupi hutan tersebut. Suasana lingkungan penuh kabut itu sangat menarik untuk diabadikan dalam foto. Mantan Presiden AS Barack Obama pernah berkunjung ke hutan pinus tersebut. Setelah kunjungan Obama – dan fotonya yang tersebar di seluruh dunia – lokasi ini menjadi hits.(nun)

Berita Lainnya :