Kasteel de Haar Suguhkan Kemewahan Kastil Legenda


TAK lengkap rasanya apabila ke Belanda namun tidak berkunjung ke Kasteel de Haar, sebuah kastil yang letaknya berada di pinggiran kota Utrecht. Pengunjung bisa memasukinya setiap satu jam sekali apabila pintu telah terbuka dan pemandu wisata akan mengarahkan untuk menyusuri setiap ruangannya serta mendapatkan pemaparan sejarah dari bangunan tersebut.
Kasteel De Haar (dalam bahasa Belanda) yang terregistrasi tahun 1391 ini adalah kastil yang paling terkenal dan termewah di Belanda. Dimana taman dan kebun sekitar kastil mencakup sekitar 135 hektar. Pengunjung bisa memasuki kastil dengan membayar 16 Euro bagi orang dewasa dan anak di bawah usia 4 tahun gratis.
Kompleks istana memiliki 200 kamar-kamar, termasuk 25 kamar mandi yang berukuran luas. Di ruang bawah tanah ada dapur dan area layanan yang sengaja berada di tengah-tengah aula sehingga orang bisa datang dan keluar dari setiap lorong menuju ke dapur. Di dapur ini terdapat berbagai ragam bagian seperti perangkat dapur misalnya sendok, piring, gelas dan lain-lain. Sedangkan sisi lain bagian bahan pangan sayuran, daging, susu dan sebagainya.
Dari seluruh interior, dapur ini adalah ruangan paling tua dibangun pada abad ke-15 dengan bahan batu bata padat dengan ketebalan lebih dari 1 meter. Diatas kompor batubara terdapat sebuah lobang ventilasi, tujuannya agar asap bisa keluar, akibatnya suhu panas di dapur bisa naik sampai sekitar 40 derajat.
“Di ruang makan terdapat 1 meja dan 34 kursi yang digunakan untuk makan malam para tamu penting, ruangan ini dirancang oleh P.J.H. Cuypers,” terang salah satu wisatawan, Christyn Carla Lokollo.
Sedangkan aula utama Kasteel de Haar ini akan dijadikan lobi hotel setiap bulan Desember. Zaman dahulu, ruangan ini dijadikan tempat berkumpulnya para tamu sembari menikmati hidangan minuman. Di dalam aula ini terdapat sebuah lonceng Tiber berbentuk sebuah gong yang dipergunakan untuk mengumpulkan para tamu dengan cara dipukul hingga berbunyi.