Lebih Asyik Sewa Motor


MALANG – Traveler Ekky Hana, membagikan tipsnya berwisata ke Nusa Penida. Alumnus jurusan Bahasa Inggris Universitas Padjajaran Bandung tersebut mengatakan bahwa transportasi adalah hal yang cukup penting andai ingin berwisata dengan puas di gugus pulau yang masuk Kabupaten Klungkung Bali itu.
“Kalau aku lebih baik sewa motor, supaya lebih irit. Karena, mobil itu agak mahal, dan hitungannya cuma dari pagi sampai sore saja,” ujar Ekky kepada Malang Post kemarin. Sepeda motor memberi kesan tersendiri bagi wisatawan. Selain lebih bebas dan lincah, Ekky juga lebih mudah mencapai lokasi wisata.
Kedua, sepeda motor juga lebih banyak tersedia di dermaga pendaratan wisatawan di Nusa Penida. Agar lebih efektif dalam berwisata sesuka hati, sepeda motor adalah solusinya. Menurut Ekky, Nusa Penida harus dinikmati lebih dari sehari. Dengan mempersiapkan waktu untuk menginap minimal satu malam, wisata di Nusa Penida akan lebih menyenangkan.
“Tips utamaku sih, kalau ke Penida sebaiknya menginap minimal semalam. Kalau 1 day trip, capek banget dan tidak akan puas main di pantainya,” ujarnya. Eky mengingatkan, biaya berwisata di Nusa Penida, terhitung lebih murah ketimbang di pulau Bali. Dia mengatakan harga di Nusa Penida, cenderung lebih murah dibandingkan dengan kota Denpasar.
Karena murah, wisatawan tidak perlu terlalu khawatir soal harga. “Tidak usah khawatir soal harga, di sana cenderung masih lebih murah dari pada Denpasarnya,” kicau Ekky. Dia menambah satu tips lagi. Yakni, kemampuan berkomunikasi dan menawar ketika berbelanja di spot wisata Nusa Penida.
Menurut Ekky, warga lokal Nusa Penida sangat welcome dengan turis lokal. Pasalnya, mereka sangat senang untuk menjalin komunikasi dengan orang baru. Bahkan, semakin pandai wisatawan membangun komunikasi dan berteman dengan orang lokal, semakin mudah pula perjalanan wisata di Nusa Penida.
“Harus pinter-pinter nawar dan komunikasi. Soalnya orang sana senang kalau bisa jalin pertemanan atau akrab sama orang baru. Mereka akan sangat membantu buat kebutuhan selama di sana,” tutup Ekky.(fin/lim)