Lezatnya Ayam Taliwang dan Sate Rambiga

 
TIDAK lengkap rasanya jika berwisata tanpa menikmati kuliner. Di Pulau Lombok ini, banyak sekali makanan yang rasanya mantap dan sedap. Saya dan rombongan saja, satu porsi masih kurang karena nikmat dan lezatnya makanan tersebut.
Salah satunya adalah makanan Ayam Taliwang. Makanan ini merupakan menu khas Pulau Lombok dari Kampung Karang Taliwang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat yang berbahan dasar daging ayam. Penyajiannya untuk satu porsi, ayamnya tidak sepotong-potong, tetapi utuh satu ayam dengan cara dibakar.
Yang membuat makanan Ayam Taliwang ini sedap, ayam yang dimasak adalah ayam yang masih muda. Bumbu rempahnya sangat terasa di lidah. Apalagi dengan tambahan kuah santan khusus.
"Hmmm rasanya sulit sekali diceritakan. Karena sangat nikmat dan lezat. Apalagi dimakan dengan nasi panas dan sambal pedas. Pokoknya dijamin ngiler dulu sebelum memakannya," ungkap teman-teman rombongan dari Persekam Metro FC.
Biasanya, agar porsi makannya terlihat lengkap dan mantap, bisa memesan sambal beberuk. Sambal ini terbuat dari sambal cabe mentah dengan serutan terong ungu. Namun rasanya dijamin mantap dan oke banget.
Selain sambal beberuk, juga ada plencing kangkung. Bahannya adalah sayur kangkung yang direbus, ditambah kacang tanah digoreng, kacang panjang yang direbus serta toge (cambah) rebus. Di atasnya disiram dengan sambal tomat.
"Sambal beberuk dan plencing kangkung ini hanya sebagai pelengkap makanan saja. Karena tanpa menu kedua makanan itu, terasa kurang menikmati Ayam Taliwang,".
Selain Ayam Taliwang, makanan lain yang juga khas dan terkenal adalah Sate Rambiga. Sate ini terbuat dari daging sapi. Bumbunya seperti bumbu sate komo. Hanya saja bumbu rempahnya lebih terasa dan dibakar.
Untuk rasanya jangan khawatir, karena tidak akan mengecewakan. Karena jika memesan satu porsi dengan sepuluh tusuk, pasti akan kurang. Sate Rambiga, juga enak dinikmati dengan plencing kangkung dan sambal beberuk.
Yang membuat khas lagi, karyawan yang membakar Sate Rambiga harus dilakukan sembari bergoyang dengan iringan musik. "Pokoknya rasanya tiada duanya. Ingin mencoba, mungkin Anda bisa mengagendakan waktu liburan bersama dengan keluarga sejak jauh hari. Dijamin deh,".(agp/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :