Mbah Singorejo, Penjaga Sengguruh


KENDATI makam Ki Ageng Sungguruh atau Arya Terung, yang merupakan cikal bakalnya nama Desa Sengguruh, berada di Kabupaten Tulungagung, namun masih ada satu makam yang dikeramatkan. Yakni makam Mbah Singorejo atau Sumorejo. Makamnya berada di Jalan Padepokan Desa Sengguruh Kecamatan Kepanjen.
Mbah Singorejo atau Sumorejo, menurut kepercayaan masyarakat sekitar, merupakan orang kepercayaan dari Ki Ageng Sungguruh atau Arya Terung. Dimana dalam sejarahnya, Mbah Singorejo atau Sumorejo diminta oleh Ki Ageng Sengguruh, untuk menjaga wilayah Sengguruh.
"Makam Mbah Singorejo atau Sumorejo hanya sendiri tidak ada makam lainnya. Lokasinya berada di belakang rumah warga," jelas Hery Purnomo, Kepala Desa Sengguruh.
Masyarakat sekitar menyebut bahwa Mbah Singorejo atau Sumorejo, merupakan sesepuh Desa Sengguruh. Sehingga makam tersebut sangat dikeramatkan. Oleh pemerintah desa, makam itu diperbaiki sekitar tahun 2015 lalu. "Dulunya kondisi bangunan makam seperti gazebo atau gardu. Sejak 2015 lalu sudah kami perbaiki bersama-sama dengan warga sekitar," ujarnya.
Selain dirawat, setiap tahunnya selalu ada ritual selamatan. Bahkan setiap malam Jumat Legi, banyak warga yang berziarah. Tidak hanya masyarakat sekitar, tetapi juga masyarakat dari luar desa. Masyarakat yang berziarah biasanya bermalam. "Mereka yang berziarah biasanya datang sore, lalu pulang pagi harinya. Ada peziarah yang sakit, kemudian berdoa dan akhirnya diberikan kesembuhan," katanya.(agp/lim)

Berita Lainnya :