Menelusuri Tiga Pantai Nusa Penida Bali


Keindahan pulau Bali tidak akan pernah habis. Setidaknya, begitu banyak pantai perawan yang masih perlu dieksplorasi dari pulau dewata. Satu di antaranya adalah gugus pulau Nusa Penida. Ekky Hana, traveler asal Kaltim yang kini berdomisili di Bandung, mendapat kesempatan traveling ke Nusa Penida, akhir tahun 2018 lalu.
“Parah, bagus banget tempatnya, masih sepi pula,” kata Ekky kepada Malang Post kemarin. Dia berkesempatan menjajal setidaknya tiga pantai di Nusa Penida. Yakni, Broken Beach, Angel’s Billabong dan pantai Kelingking. Broken Beach dan Angel’s Billabong merupakan pantai satu paket.
Lokasi Angel’s Billabong bertetangga dengan Broken Beach. Dari Broken Beach, Ekky hanya perlu trekking sekitar 5 sampai 7 menit. Jalurnya tidak terlalu sulit. Hanya saja, treknya tidak baik dan cukup banyak batu karang. Demi mencapai Angel’s Billabong, Ekky harus melewati Broken Beach terlebih dahulu.
“Sebenarnya ada satu pantai lagi, tapi gak bisa ke sana karena jalan sedang dibenerin. Jadinya aku ke pantai lain,” ujarnya. Angel’s Billabong, berada di wilayah Kelurahan Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung Bali. Sedangkan Broken Beach berada di kawasan Kelurahan Bungamekar, Nusa Penida.
Nama Broken Beach muncul dari kata Pantai Pasih Uug. Pantai ini berada di tebing tinggi yang berlubang pada bagian tengahnya. Dalam bahasa Bali, pantai Pasih Uug adalah pantai yang patah. Tebing pantai ini setinggi 50 sampai 200 meter, bervariasi, dengan lubang di tengah, sehingga tampak seperti gua yang dilewati air laut.
Tebing yang bolong tersebut juga tampak seperti jembatan di atas air laut. Sementara, Angel’s Billabong adalah natural infinity pool, kolam alami tempat air sungai bermuara, sebelum mengalir ke samudra. “Di sini pantai masih bersih banget, gak serame Kuta atau Sanur. Di sini enak buat ngadem,” tambahnya.
“Paling keren sih Angel’s Billabong, soalnya dia kan sebenarnya hanya laguna yang kecil, tapi berbatasan dengan laut. Kalau lagi sepi banget, rasanya kayak lagi di private infinity pool,” tutupnya.(fin/lim)

Berita Lainnya :