Ngeri Sedap Berenang Bersama Hiu

 
NGERI sedap. Itulah sensasi menegangkan yang dirasakan oleh Debora Ayuningtyas bersama dua saudara kandungnya, saat berwisata di Karimunjawa. Pasalnya, Debora merasakan sensasi berenang bersama hiu penangkaran Pulau Menjangan Besar. 
Menurut wanita yang juga Customer Service Malang Town Square (Matos) tersebut, berenang bersama hiu awalnya menegangkan. “Kita langsung nyebrang pake kapal kecil ke pulau Menjangan Besar tempat penangkaran ikan hiu,” ujarnya. 
“Begitu sampai, kita girang banget ngeliat hiu yang lumayan gede-gede ditangkar. Sambil asik foto-foto, guide kita bilang ‘ya sudah silahkan masuk ke air’,” ujar Debora kepada Malang Post kemarin.
Debora awalnya mengaku bingung dan takut. Bagaimana tidak? Hiu dewasa yang berenang-renang di dalam kolam penangkaran tersebut, punya ukuran kurang lebih dua meter. Namun, karena sudah terlanjur datang jauh dari Malang, mereka nekat nyemplung ke kandang hiu.
“Kita bingung dong, soalnya ternyata kolam banyak banget hiunya. Kita bertiga tidak ada yang berani masuk. Setelah kakak masuk air duluan, akhirnya kita bertiga turun,” sambung alumnus FISIP UB ini.
Sebelum berenang bersama hiu, Debora mendapat banyak pengarahan dari tour guide. Pertama, perenang tak boleh memiliki luka yang terbuka di bagian tubuhnya. Cewek yang sedang menstruasi juga dilarang masuk. 
Pasalnya, darah mengundang agresi hiu-hiu tersebut. Walaupun ada di dalam penangkaran, bau darah dalam air membuat insting hiu muncul. “Kita harus angkat tangan terus, jangan sampe masuk ke air, nanti dikira umpan,” ungkapnya. 
Meskipun sempat khawatir, Debora akhirnya merasa aman karena mematuhi semua aturan sebelum nyemplung ke kolam hiu. “Kita puas foto-foto, dan aman-aman aja. Selama mengikuti aturan itu, tidak akan ada masalah,” pungkas dia. (fin/mar)
 

Berita Terkait

Berita Lainnya :