Pantai Liang Bikin Ketagihan

 
Seringnya merantau ke kota orang dengan rutinitas yang sangat padat membuat Difa Febriani Latuconsina jarang pulang ke kota asalnya, Ambon. Perempuan yang saat ini bekerja di Jawa Timur Graha Utama ini ketika mendapatkan kesempatan pulang kampung, seringkali menghabiskan waktunya untuk berlibur. Beberapa waktu lalu, Difa yang sempat pulang kampung mampir sebentar ke Pantai Liang yang terletak di Jalan Provinsi, Liang Salahutu Kabupaten Maluku Tengah.
Kepada Malang Post, Difa menuturkan pantai tersebut berjarak 30-40 kilometer dari pusat kota. “Kalau dari rumahku yang ada di pusat Kota Ambon, perjalanan menuju pantai tersebut sekitar dua jam. Pantai Liang ini daerah pesisir pantai yang indah banget di Ambon. Dijamin bikin ketagihan deh kalau sudah pernah sekali ke sini. Pasti ingin balik lagi,” ujarnya mulai menceritakan.
Meskipun menempuh perjalanan panjang, sesampainya di sana, penat dan lelah akhirnya terbayarkan dengan suasana pantai yang sejuk dan pemandangannya yang indah. “Pantainya bagus banget. Airnya warnanya biru dan pasirnya putih. Suasananya segar, cocok banget buat melepas penat ketika sedang jenuh. Aku sering ke sini, biasanya sama keluarga atau teman-teman,” paparnya.
Wanita yang masih bersaudara sepupu dengan Prilly Latuconsina ini juga membeberkan, akses jalan menuju Pantai Liang sangatlah bagus. Mudah diakses dengan kendaraan, baik berupa motor maupun mobil. Ketika menikmati pemandangan di sana, tidak perlu khawatir dengan biaya parkir. “Biaya parkirnya gratis. Hanya dikenakan tarif Rp 5.000 per orang untuk biaya masuknya saja,” lanjutnya.
Untuk para pelancong yang berasal dari luar kota, bisa datang ke sini menikmati pantai Liang ini. Estimasi biaya tiket sekitar Rp 2 juta untuk pulang pergi. Di sekitar pantai, juga terdapat homestay dengan harga sewa sekitar Rp 350-400 ribu. View pantai yang indah, dan homestay bisa diisi hingga tiga orang. “Kalau datang ke sini, bisa sendiri atau dengan teman-teman. Cocok untuk liburan dan have fun bersama teman. Selain itu, juga cocok jika datang sendirian dan mencari inspirasi atau ingin ngilangin stres,” imbuh Difa.
Lebih lanjut, Difa mengatakan, Pantai Liang merupakan pantai yang menjadi pusat utama orang Ambon menghabiskan waktu liburnya. Jika ingin lebih lama menikmati pesona alam di sini, jangan ketika libur atau akhir minggu. “Banyak banget yang ke sana. Pantainya sampai penuh. Mereka juga kadang-kadang nunggu sunset dan menikmati fasilitas yang ada di sana,” beber Difa.
Meskipun pantai tersebut dipadati oleh banyak orang, kebersihan pantai tersebut tetap terjamin. “Pantainya bersih banget. Banyak orang yang bertugas untuk membersihkan sampah. Selain itu, masyarakat Ambon rata-rata juga sadar akan kebersihan. Jadi mereka membuang bungkus makanan di tempat sampah yang sudah disediakan. Nggak perlu khawatir, liburan pasti semakin indah,” ujar Difa antusias.(mg16/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :